banner 728x250

Hadiri Acara Tunjuk Ajar Melayu, Kapolres Pelalawan Edukasi Ratusan Pelajar Tentang Bahaya Narkoba

banner 120x600

PELALAWAN – Kapolres Pelalawan, Akbp Suwinto SH SIK selaku Datuk Seri Abdi Arif Pengayom Negeri serta Pengurus LAMR Kabupaten Pelalawan menghadiri dan sekaligus menjadi narasumber di acara Tunjuk Ajar Melayu LAMR Pelalawan di Balai Adat Datuk Bandar Setia Diraja Pangkalan Kerinci, Rabu (8/5/ 2024) sekira pukul 09.00 WIB.

Hadir pada acara tunjuk ajar tersebut Asisten I Drs Zulkifli M Si, Ketua MKA LAMR Pelalawan, Abdul Wahid (Datuk Seri Rajo Bilang Bungsu), Ketua DPH LAMR Pelalawan, H Herman Maskar SPd MSi, Pengurus LAMR Pelalawan, Kasat Resnarkoba, Iptu Ferlanda Oktora STr K SIK serta ratusan pelajar tingkat SMP dan SMA Kabupaten Pelalawan.

Usai Petuah Amanah Payung Panji Adat (Datuk Seri Setia Amanah H. Zukri Misran SE) diwakilkan oleh Asisten 1. H.Zulkifli, kemudian dilanjut petuah amanah serta paparan singkat tentang bahaya penyalahgunakan narkoba oleh Kapolres Pelalawan.

Dalam penyampaian petuahnya, Datuk Abdi Arif Pengayom Negeri menyampaikan tentang bahaya penyalahgunakan narkoba di kalangan pelajar.

“Biasanya dimulai dari lingkungan pertemanan menjadi salah satu faktor pendukung yang paling tinggi seorang remaja menggunakan narkoba. Banyak dari mereka yang berawal dari coba-coba karena penasaran, bujukan teman yang berujung menjadi ketergantungan,” terang Kapolres.

Narkoba juga dapat merusak mental dan kesehatan fisik para pengunannya. Narkoba dapat merusak system saraf dan beberapa organ tubuh kita. Orang yang sudah merasakan kenikmatan menggunakan narkoba akan terus menggunakan narkoba karena itu akan membuat pengguna merasa kecanduan.

“Bahaya penyalahgunaan narkoba juga bisa mempengaruhi hubungan sosial generasi muda. Obat-obatan tersebut dapat menyebabkan perubahan perilaku, ketidakstabilan emosional, dan ketidakmampuan untuk menjaga hubungan yang sehat dengan keluarga, teman dan masyarakat sekitar,” ungkap Datuk Abdi Arif Pengayom Negeri.

Penyalahgunaan narkoba juga dapat merusak generasi penerus bangsa jika hal tersebut dibiarkan, tentu akan berdampak hilangnya suatu generasi bangsa di masa depan.

“Untuk itu saya mengajak dan menghimbau kepada pelajar untuk menghindari penyalahgunaan narkoba. Hindari rasa penasaran untuk mencoba narkoba, ketahui dampak buruk pemakaian narkoba serta hindari pergaulan malam,” ujar AKBP Suwinto.

Usai mendengarkan petuah dari Kapolres Pelalawan Datuk Seri Abdi Arif Pengayom Negeri, salah seorang siswa SMA N 1 Pangkalan Kerincim Aryya Gilang saat di konfirmasi awak media menyampaikan, kami sangat senang mengikuti acara ini. Banyak manfaat yang kami peroleh dari kegiatan yang dilaksanakan oleh LAMR dengan para narasumbernya.

“Para pelajar dapat mengerti tentang adat istiadat dan cara menggunakan pakaian Melayu, cara bergaul dengan orang tua atau teman, adat menikah dan yang paling menarik yaitu penjelasan tentang bahaya penyalahgunakan narkoba di kalangan pelajar. Terima kasih kepada penyelenggara semoga kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut di sekolah sekolah sehingga dapat menambah wawasan bagi pelajar,” terang Gilang.

(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *