banner 728x250

Gabungan Komunitas Adakan Ikrar Peduli Cagar Budaya Di Petilasan Keraton Kartasura

banner 120x600

Kartasura || Riauzone.id – Ratusan orang dari berbagai perwakilan komunitas di Kartasura mengelar acara ikrar peduli cagar budaya Minggu 7 Juli 2024 dipelataran Watu Kembar Petilasan Keraton Kartasura.

Menurut Sofyan SH sebagai ketua panitia mengatakan tujuan dari acara ikrar peduli cagar budaya ini adalah untuk membangun komitmen khususnya bagi masyarakat Kartasura agar peduli terhadap keberadaan benda – benda cagar budaya yang ada di Kartasura agar tetap terjaga dengan baik dan tetap lestari.

Pembacaan ikrar dipimpin oleh budayawan Kartasura Marsudi Widodo didampingi Camat Kartasura,Kapolsek Kartasura,Danramil 06 Kartasura , Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo dan Pemerhati Budaya KRT. H. Djuyamto Rekso Pradoto SH.MH
dan diikuti oleh seluruh gabungan komunitas peduli cagar budaya.

Ikrar Masyarakat Peduli Cagar Budaya

Dengan memohon ridho dari Alloh Tuhan yang Maha Esa,kami masyarakat peduli cagar budaya berikrar :

1.Dengan suka rela turut merawat dan menjaga cagar budaya di sekitar kita.
2.Dengan suka rela menjaga kebersihan di lingkungan di sekitar cagar budaya.
3.Dengan sukarela membantu mengawasi dan melaporkan jika terjadi kerusakan dan pengrusakan benda cagar budaya.
4.Dengan suka rela memberikan data jika di sekitar kita terdapat benda cagar budaya.

Acara ikrar peduli cagar budaya ini juga di meriahkan oleh penampilan kesenian gejog lesung dan tari gambyong pare Anom dari rumah budaya Kartasura.

Apresiasi juga di berikan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo yang di wakili oleh ATIK ARDIATI, S.Kom.
Pamong Budaya Ahli Muda.

” Terima Kasih kepada para pemerhati cagar budaya yang ada di Kabupaten Sukoharjo khususnya di Kartasura yang sudah memprakarsai acara ikrar peduli cagar budaya.
Jadi kita akan bersama – sama antara pemerintah dan komunitas peduli cagar budaya bersinergi untuk menjaga pelestarian cagar budaya yang ada di Kabupaten Sukoharjo khususnya di petilasan Keraton Kartasura ini “.

Dalam kesempatan ini Pemerhati budaya dan pemrakarsa acara Ikrar Peduli Cagar budaya KRT. H.Djuyamto Rekso Pradoto SH.MH. mengatakan bahwa ini merupakan sebuah sikap yang sangat positif dan harus di apresiasi karena muncul dari inisiatif warga masyarakat yang peduli cagar budaya di wilayah Kartasura dan Sekitarnya.
Perlu kita ketahui bahwa untuk memelihara dan merawat Cagar budaya bukan hanya tugasnya negara dan pemerintah saja tapi juga menjadi tugas dan kewajiban masyarakat.
Dengan adanya ikrar peduli cagar budaya ini menunjukan bahwa warga Kartasura masih mempunyai kepedulian terhadap cagar budaya di petilasan Keraton Kartasura.
Harapan kedepanya agar ikrar ini bukan hanya sekedar ikrar tanpa di buktikan dengan sikap dan perbuatan di hari – hari mendatang.
Ikrar ini harus di tunjukan misalnya ikut secara nyata menjaga,merawat dan membersikan sebagai mana ikrar yang di ucapkan.

Puncak dari acara ikrar peduli cagar budaya ini di meriahkan dengan penampilan kesenian tradisional Reog Ponorogo dari Makamhaji Kartasura.

(Nug/yus/red.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *