banner 728x250
Riau  

Cegat Speedboat Naga Line, Ini yang Dilakukan Kapolda Riau

banner 120x600

PEKANBARU – Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditpolairud) Polda Riau menggelar patroli angkutan arus balik Idul Fitri 1445 H di perairan Sungai Siak.

Dalam patroli yang dipimpin langsung Kapolda Riau, Irjen M Iqbal ini, tim melakukan pencegatan sebuah speedboat tujuan Selat Panjang.

Speedboat tersebut berangkat dari Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru yang mengangkut 103 penumpang dari 108 kursi yang tersedia.

Tim patroli yang terdiri dari empat tactical boat mencegat Speedboat Naga Line di tengah perairan Sungai Siak. Seluruh penumpang yang berada di kapal langsung kaget melihat kemunculan Kapolda Riau dalam tim tersebut.

“Patroli perairan ini penting karena kita tau bahwa karakteristik wilayah hukum Polda Riau banyak sekali perairan. Ini untuk memastikan tidak ada gangguan keamanan dan keselamatan lalu lintas perairan. Selain melakukan penguatan di bidang pencegahan hari ini saya memastikan apakah mesin-mesin secara kolaborasi berjalan dengan efektif demi untuk menjaga keselamatan masyarakat yang mudik dan balik,” kata Irjen M Iqbal, Senin (15/4/2024).

Dia menjelaskan, sejak tiga hari belakangan, arus balik Lebaran 2024 mengalami peningkatan secara signifikan, tak terkecuali pada transportasi air.

Setelah berinteraksi dengan para penumpang, Irjen M Iqbal langsung memberikan arahan dan menjelaskan maksud kedatangan tim patroli. Ternyata, tim patroli bersama Kapolda Riau ingin memastikan manifest penumpang tidak overload dan standard operasional prosedur (SOP) sudah dijalankan dengan baik.

Di dalam kapal, Kapolda Riau bersama tim patroli yang dikomandoi Direktur Polairud Kombes Wahyu Prihatmaka melakukan pengecekan manifest penumpang dan kelayakan kapal.

“Kami sekaligus memastikan check list manifest betul-betul dipatuhi, ada lima slot (tempat duduk, red) yang dikosongkan demi untuk orientasi keselamatan dan pelampung juga lebih dari cukup. Saya pastikan nakhoda dan seluruh kru kapal tersebut mengutamakan kepentingan dan keselamatan penumpang,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan, patroli perairan ini akan terus dilakukan untuk memaksimalkan pengamanan arus balik maupun di hari-hari biasanya.

“Pelayanan kepolisian dan stakeholder terkait kita perpanjang. Jangan sampai ada penumpukan masyarakat yang mudik dan kembali balik bekerja. Khususnya Polda Riau mendapat perintah dari Mabes Polri akan melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) mulai besok sampai ke depan. Tujuannya kita tidak ingin pelayanan tidak langsung off, terus sampai betul-betul arus mudik dan balik normal kembali,” pungkasnya.

Setelah dinyatakan layak, Irjen M Iqbal kemudian memberikan sedikit arahan dan berinteraksi dengan sejumlah penumpang dengan memberikan bingkisan snack makanan ringan bagi seluruh penumpang dan terutama anak-anak

“Saya menyapa mereka dan alhamdulillah simbol polisi adalah pengayom dan pelayan masyarakat kami berikan imbauan-imbauan. Kami juga memberikan tanda mata (bingkisan) kepada anak-anak,” ungkapnya.

Setelah dinyatakan layak dan memenuhi SOP, speedboat tujuan Selat Panjang ini dipersilakan melanjutkan perjalanan.

(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *