banner 728x250

Kapolda Riau Pantau Langsung PSU Pileg di Kepulauan Meranti, Pastikan Keamanan Terjaga

banner 120x600

MERANTI – Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal pantau langsung pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) di Kabupaten Kepulauan Meranti, Sabtu (29/6/2024).

PSU dilaksanakan di satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) yaitu TPS 002 di Desa Tanjung Peranap, Kecamatan Tebingtinggi Kabupaten Meranti.

Irjen Iqbal menempuh perjalanan menggunakan helikopter dari Pekanbaru dan dilanjutkan dengan sepeda motor untuk mencapai lokasi TPS. Dalam kunjungannya, Kapolda Riau didampingi oleh Ketua KPU Riau, Rusidi Rusdan, Ketua Bawaslu Riau, Alnofrizal dan Direktur Reskrimsus Polda Riau, Kombes Pol Nasriadi.

Menurut Irjen Iqbal, PSU berjalan aman dan tertib karena jauh-jauh hari saya juga sudah perintahkan untuk melakukan deteksi dini terhadap segala potensi gangguan keamanan, memetakan wilayah rawan dan tetap meningkatkan kewaspadaan. Alhamdulillah, semuanya lancar tanpa ada kendala.

“Pengamanan dilakukan tidak hanya pada hari pelaksanaan, tetapi juga selama proses pendistribusian logistik ke TPS,” tegas Kapolda Riau.

Ia menambahkan bahwa PSU juga berjalan lancar di 1 TPS di Kabupaten Indragiri Hulu dan 2 TPS di Kota Dumai.

“Saya sebelumnya juga sudah meminta agar personel dapat bersinergi dan saling mendukung dengan stake holder terkait. Dari KPU, Bawaslu, TNI, pemerintah daerah kabupaten/kota, hingga petugas di tingkat TPS,” ujar Irjen Iqbal.

Lebih lanjut ia menekankan pentingnya netralitas anggota Polri dan meminta personelnya untuk aktif melakukan pemantauan serta patroli secara intensif.

Irjen Iqbal juga menyatakan kesiapan Polda Riau dalam mengamankan PSU di Kabupaten Rokan Hulu yang akan dilaksanakan pada 13 Juli 2024 mendatang, mencakup 31 TPS. Kapolda Riau memastikan bahwa polisi akan mengawal dan mengamankan seluruh rangkaian PSU hingga selesai.

(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *