banner 728x250

Satlantas Gelar Acara Polisi Sahabat Anak di SLB Negeri Pelalawan

banner 120x600

PELALAWAN – Satlantas Polres Pelalawan mengambil langkah proaktif dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya tertib berlalu lintas di kalangan pelajar.

Hal itu dilakukan dengan menggelar kegiatan Polisi Sahabat Anak di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pelalawan Jalan Langgam KM 5 Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan, Selasa (20/2/2024).

Kegiatan yang dipimpin langsung Kasat Lantas Polres Pelalawan, AKP Akira Ceria, S.I.K, M.M bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para pelajar ataupun generasi muda penyandang disabilitas terkait Budaya Tertib Berlalu Lintas, Keamanan dan Keselamatan Berlalu Lintas di jalan raya hingga memperkenalkan tugas serta peran polisi lalu lintas kepada anak-anak SLB.

Pada pelaksanaannya, Kasat Lantas Polres Pelalawan bersama personel Satlantas Polres Pelalawan lainnya memberikan penyuluhan kepada anak-anak tentang pentingnya mentaati peraturan berlalu lintas, menggunakan trotoar dan menggunakan helm SNI saat berkendara.

Tidak hanya memberikan edukasi, personel Satlantas Polres Pelalawan juga menyajikan materi pengenalan tugas dan peran Polisi dalam menjaga ataupun memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas). Tampak personel Satlantas Polres Pelalawan dengan sabar menjelaskan tugas Polisi dalam melindungi, mengayomi, melayani dan membantu masyarakat, hingga mengedukasi para pelajar sebagai upaya pencegahan perundungan atau bullying di sekolah.

Anak-anak SLB Negeri Pelalawan terlihat sangat serius dalam mendengarkan paparan tersebut, har inimenunjukkan antusiasme mereka terhadap kegiatan Polisi Sahabat Anak dan menunjukkan minat mereka dalam memahami aspek-aspek keamanan dan keselamatan berlalu lintas.

Kasat Lantas Polres Pelalawan AKP Akira Ceria, S.I.K, M.M menyampaikan harapannya, melalui kegiatan Polsanak yakin dan percaya mampu meningkatkan kedekatan dan keakraban Polri terhadap seluruh pelajar termasuk para pelajar penyandang disabilitas.

“Kami berharap kegiatan Polsanak mampu meningkatkan rasa peduli dan peran aktif para pelajar dalam menciptakan Kamseltibcar Lantas, menambah wawasan ataupun pemahaman para pelajar betapa pentingnya menerapkan budaya tertib berlalu lintas sejak dini. Polisi adalah sahabat dan pelindung masyarakat, serta selalu siap membantu dalam situasi apapun,” kata AKP Akira Ceria, S.I.K, M.M.

AKP Akira menambahkan, kegiatan Polsanak diharapkan menjadi tonggak awal untuk mengedukasi generasi muda tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas dan mendorong peran generasi muda untuk menjadi pelopor Keselamatan Berlalu Lintas.

Sementara itu, agar tidak bosan dengan materi yang diberikan serta untuk menarik perhatian siswa-siswi, sesekali AKP Akira mengajak siswa-siswi untuk bernyanyi, menari dan bermain bersama.

Lebih lanjut disampaikan Kasat Lantas, tak hanya sekadar pembelajaran, kegiatan ini juga bertujuan membangun hubungan positif antara Polisi dan masyarakat, khususnya anak-anak.

“Dengan cara ini, diharapkan para pelajar tidak hanya memiliki pengetahuan, tetapi juga sikap yang aman dan bertanggung jawab dalam berlalu lintas. Dan semoga anak-anak tidak takut terhadap Polisi dan merasa bangga dengan Polisi sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat,” tutupnya.

(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *