banner 728x250

Kombes Pol Asep Darmawan SH SIK: Intensifkan Patroli Siber Selama Tahap Kampanye Pemilu 2024

banner 120x600

PEKANBARU – Dalam upaya mencegah maraknya kejahatan siber selama tahap kampanye Pemilu 2024, Satuan Tugas (Satgas) Gakkum Subsatgas Cyber Operasi Mantap Brata (OMB) Lancang Kuning Polda Riau meningkatkan patroli siber.

“Langkah ini dilakukan untuk mencegah dan menindak segala bentuk kejahatan siber yang berpotensi mengganggu jalannya pelaksanaan Pemilu 2024,” kata Kasatgas Gakkum OMB LK 2023-2024 Polda Riau, Kombes Pol Asep Darmawan SH SIK, Kamis (01/02).

Kombes Asep menjelaskan bahwa patroli siber ini melibatkan personel ahli di bidang siber yang melakukan pendataan dan pengumpulan informasi dari akun-akun media sosial guna mencegah kejahatan siber yang sering terjadi selama masa kampanye saat ini.

Tim yang dipimpin oleh Kasubsatgas Cyber Kompol Fajri SH SIK MH dengan 9 personel, melakukan pemantauan dan patroli di media sosial, media online dan media arus utama untuk melihat isu-isu dan pemberitaan terkait Pemilu 2024. Selanjutnya, mereka melakukan analisis terhadap data, skrip dan sistem IT terkait pengamanan dan pelaksanaan pemilu serta memantau kejahatan siber yang mengganggu pelaksanaan pemilu.

Dalam menjalankan tugasnya, tim bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk BIN, BSSN, Menkominfo, APJI dan lain-lain untuk menghadapi isu-isu terkait Pemilu 2024 yang berkembang di media sosial dan media arus utama.

Patroli siber merupakan salah satu upaya Polri dalam mewujudkan Pemilu 2024 yang aman, damai dan berintegritas. Patroli ini bertujuan untuk mendeteksi dan mencegah penyebaran informasi hoaks, ujaran kebencian dan propaganda yang dapat memecah belah bangsa.

Kombes Asep menekankan bahwa Polri akan bertindak tegas terhadap setiap pelaku kejahatan siber yang mengganggu pelaksanaan Pemilu 2024.

Oleh karena itu, kami menghimbau kepada masyarakat agar tidak mudah percaya, memposting dan menyebarkan informasi yang belum tentu kebenarannya (hoaks). Hal tersebut sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kegelisahan masyarakat serta mengganggu situasi Kamtibmas.

“Mari kita bijak dalam menggunakan media sosial dan bersama-sama kita cintai Kamtibmas yang kondusif serta ciptakan Pemilu 2024 yang aman dan damai,” himbau Kombes Asep.

(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *